Senin, 18 April 2011

Ma'af Itu Tak Pernah Salah .....


Dalam kehidupan sehari-hari, sadar atau tidak kita pasti pernah melakukan kesalahan. Dalam presentasi kecil ataupun besar. Pada teman, sahabat, orang tua, guru, bahkan orang yang tak dikenal sekalipun. Biasanya sih, kalau kesalahan dalam skala kecil dan melakukannya dengan tidak sengaja kita sering lupa pada satu hal : meminta maaf.
Maaf, adalah satu kata yang mampu meleburkan kesalahan kita. Kata yang sebenarnya indah tapi sangat sering diabaikan. Dan juga kata yang sangat sulit diucapkan. Entah kenapa sulit sekali untuk mengulurkan tangan serta berpelukan sambil mengucapkan kata maaf. Yang paling sering mempengaruhi adalah gengsi di atas segala-galanya.
Hidup memang beragam bentuk dan warnanya, seperti halnya apa yang ada di dalamnya. Semuanya pelan-pelan akan hancur jika tak ada yang bisa menyeimbangkannya.
Karena keberagaman itulah kita harus sadar posisi dan pandai-pandai membawa diri. Menjaga gengsi kita agar tetap pada tempat dan kadarnya.  Terlalu berlebihan membawa gengsi bisa membuat kita angkuh dan cenderung mau menang sendiri. Sifat inilah yang nantinya akan menghancurkan keberagaman hidup yang beraneka bentuk dan warnanya.
Kesalahan adalah tempat untuk kita belajar dan introspeksi diri. Segala sesuatu pasti dimulai dari salah sebelum kita mencapai kebenaran.
Tapi hal tersebut bukanlah sebagai pembenaran pada kita untuk sengaja melakukan kesalahan. Dalam kesalahan itulah ada celah keindahan yang disebut sebagai proses saling memaafkan. Apapun bentuk dan siapapun yang memulainya terlebih dahulu, memaafkan adalah hal terindah dari sebuah kesalahan. Dan juga hal yang tak pernah salah dalam suatu kesalahan.
Memberi maaf ataupun meminta maaf bukanlah hal yang buruk dalam hidup. Itu adalah hal yang wajar jika kita bisa membiasakannya. Lupakan ego dan gengsi. Tak peduli siapa yang memulai, maaf itu tak pernah salah. Salahkan diri kita yang tak menyadari kehadirannya ketika kita berbuat salah.
Melebur semua ego dan gengsi, berjabat tangan, berpelukan, ah… indahnya jika semuanya berjalan dengan seimbang dan tetap terjaga. Maaf itu tak pernah salah, dan tak ada salahnya kita mulai dari diri sendiri. Semoga selamanya indah dan tetap terjaga…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar